MANFAAT SERTA DAMPAK MELAKUKAN REFRESH DESKTOP KOMPUTER ATAU LAPTOP

Apakah dengan melakukan Refresh pada desktop pc kita akan meningkatkan kinerja prosesor dan membebaskan ram?

Mengetahui Yu

Sebagian besar  pengguna Windows pastinya melakukan refresh desktop saat kinerja komputer atau laptop kita tersendat / lag. Namun, apakah dengan cara merefresh dapat mengatasi lag tersebut?

Tentunya tidak, mengapa tidak ? yu simak penjelasannya

Tercatat, memang hampir sebagian besar pengguna Windows sering melakukan cara tersebut saat komputer, notebook, atau laptop mengalami performa yang buruk atau bisa dibilang hang atau tersendat operasinya. Anehnya, entah datangnya dari mana, ntah siapa yang menerangkan bahwa dengan merefresh dapat meningkatkan perfoma. Cara seperti ini sudah mendarah daging hingga sekarang.

Padahal, perlu diketahui, dengan  melakukan refresh di desktop tak akan mempercepat kinerja prosesor. Hal ini dikarenakan fungsi refresh di desktop memang tak ditujukan untuk hal tersebut.

Artikel Lainnya

Lalu Apa Manfaat Melakukan Refresh Pada Halaman Utama atau Destop ?

Sebenarnya menu refresh pada desktop tidak lain adalah bertujan untuk melakukan pemulihan pada shortcut, ikon, aplikasi, file, dan folder yang berada di halaman utama atau destop) yang tidak merespon saat diklik atau juga yang logo ikonnya tidak muncul.

Lantas Kapan Waktu Yang Tepat Melakukan Refresh ?

Sebenarnya desktop akan melakukan auto-refresh sendiri jika ada perubahan yang terjadi. Namun kita dapat memanfaatkan fitur refresh ketika kodisi sebagai berikut :

  • Desktop tidak menampilkan file atau folder yang baru saja kita buat, simpan, hapus, pindah, atau diganti namanya.

  • Saat kamu tidak dapat membuka icon program pada desktop.
  • Icon tidak muncul pada desktop.
  • File yang dibuat oleh aplikasi pihak ketiga tidak muncul.
  • Kamu ingin menata ulang file di Windows Explorer atau shortcut di desktop yang baru dibuat agar namanya sesuai dengan urutan abjad.

Apa Yang Terjadi Jika Terlalu Sering Melakukan Refresh ?

Melakukan refresh terus menerus justru akan membebani kinerja processor. Karena saat sedang melakukan refresh maka processor tersebut akan bekerja dua kali lipat dari normalnya. yang akhirnya akan berdampak pada kerusakan processor secara perlahan-lahan. Untuk mengetahui lebih jelas pengaruh refresh yang terjadi pada processor komputer, bisa kamu melihatnya sendri pada Task Manager.
Manfaat Serta Dampak Melakukan Refresh pada Destop Komputer atau Laptop

Kemudian lakukan refresh terus menerus pada desktop, maka lihat kedalam task manager seketika itu grafik CPU Usage akan meningkat menjadi lebih besar atau disebut juga overload / overheat.

So, berhenti melakukan rutinitas merefresh komputer, notebook atau laptop karena tidak akan mengubah performanya dan hanya membuang buang waktu lebih baik jika sedang bekerja menggunakan microsoft office alangkah baiknya menggunakan fitur auto save jadi ketika terjadi hang atau crash atau lag tinggal merestart-nya saja.

Mungkin sekian penjelasan mengenai kegunaan menu refresh pada desktop, semoga menambah wawasan anda. Terimakasih

Untuk cara meningkatkan kinerja komputer tunggu update selanjutnya ya jadi stay tune notifnya

2 Comments

Semoga komentar anda positif dan membangun, Terimakasih

Previous Post Next Post