Perbedaan Antara Pelanggaran dan Kejahatan

Jadi apasih itu pelanggaran dan apasih itu kejahatan?


Pelanggaran itu merupakan perbuatan, tingkah laku, atau juga tindakan yang dilarang oleh perundang-undangan  yang berlaku. Namun tidak sampai melanggar norma agama, norma moral, dan norma bermasyarakat umum.

Selain itu, pelanggaran ini cangkupannya sempit tergantung dari locus (suatu tempat) perbuatan itu dilakukan, bisa jadi suatu perbuatan dianggap sebagai sebuah pelanggaran tapi ditempat lain bisa saja bukan merupakan sebuah pelanggaran.

Nih saya kasih contohnya :

“Misalnya ilham telah melakukan pelanggaran mengenai aturan berlalu lintas karena ia mengemudikan mobilnya dijalur jalan sebelah kanan (berlawanan) padahal menurut Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 108 Ayat (1) “Dalam berlalu lintas pengguna jalan sebelah kiri”.”

Sedangkan kejahatan ialah perbuatan yang tidak hanya bertentangan dengan undang-undang tetapi juga bertentangan dengan nilai moral, nilai agama, dan rasa keadilan masyarakat dan bersifat universal yang diartikan sebagai sebuah tindakan kriminalitas  yang  dapat merugikan masyarakat/negara, menciptakan ketidaknyamanan umum,  ancaman, san sehingga dapat menimbulkan sebuah konflik.

Contohnya :

Mencuri, Membunuh, dan lain sebagainya.

Lalu apakah korupsi merupakan pelanggaran atau sebuah kejahatan ? Korupsi bisa dikategorikan sebagai double offense, sebuah tindakan yang melanggar perundang-undangan juga melanggar hak serta norma yang berlaku. 

Untuk lebih lanjut simak tentang korupsi simak dihalaman selanjutnya  >> Tindakan Korupsi

 

Post a Comment

Semoga komentar anda positif dan membangun, Terimakasih

Previous Post Next Post